Masihkah Kita Jujur ??

Tulis Komentar

Masihkah kita jujur ??
Kalau tanpa kejujuran,
kita justru akan meraup lebih banyak harta (yang malah akan menjerumuskan kita ?!)

Masihkah kita jujur ??
Kalau tanpa kejujuran,
kita justru bisa mendapatkan nilai yang lebih tinggi (di mata manusia ?!)

Masihkah kita jujur ??
Kalau tanpa kejujuran,
kita justru akan meraih jabatan yang lebih tinggi (atau lebih basah ?!)

Masihkah kita jujur ??
Kalau tanpa kejujuran,
kita justru akan bisa bersenang-senang menghirup segarnya dunia (ataukah hanya kefanaannya ?!)

Masihkah kita jujur ??
Kalau tanpa kejujuran,
kita justru bisa menutupi aib kita sendiri (atau justru menampakkannya ?!)

Masihkah kita jujur ??
Kalau tanpa kejujuran,
kita justru bisa memperoleh lebih banyak teman (yang tidak jujur juga ?!)


Masihkah kita jujur, kalau ternyata tanpa kejujuran pun kita justru bisa mendapatkan kehidupan yang jauh lebih baik dibanding yang berbuat dengan kejujuran ??

Padahal sesuatu yang lebih baik menurut ukuran manusia itu hanyalah tipu daya dunia yang melenakan. Imam Ibnul Qayyim mengatakan bahwa pemikul kejujuran seperti mengangkat gunung yang tinggi. Tak akan ada yang mampu kecuali orang yang kuat niatnya.

Rasulullah SAW bersabda, “Hendaklah kamu selalu benar. Sesungguhnya kebenaran membawa kepada kebajikan dan kebajikan membawa ke surga. Selama seorang benar dan selalu memilih kebenaran dia tercatat di sisi Allah seorang yang benar (jujur). Hati-hatilah terhadap dusta. Sesungguhnya dusta membawa kepada kejahatan dan kejahatan membawa kepada neraka. Selama seorang dusta dan selalu memilih dusta dia tercatat di sisi Allah sebagai seorang pendusta (pembohong).” (HR. Bukhari)

Masih berani kah kita tidak jujur ??
Karena tiada orang yang berbohong kecuali orang yang hendak menghinakan dirinya.

  1. 56
    adhi triyana bilang:
    28/09/2010 14:30

    Ya Allah semoga hambamu ini selalu di ridhoi dengan kejujuran. amin.
    emang mas namanya jujur itu mahal sekali. just in case saat ini saya sebagai seseorang di bagian pembelian suatu perusahaan memang sangat berat. di lain pihak saya butuh di lain pihak itu bertentangan. saya sangat sekali pindah ke perusahaan yang notabenenya saya bisa tenang. duh…… jujur itu mahal mas…

  2. 55
    gentasaidi bilang:
    08/03/2010 15:09

    tidak ada kejujuran di negeri yang namanya indonesia

    • 55.1
      adit-nya niez bilang:
      08/03/2010 19:53

      Alhamdulillah, sekitar 3 hari yang lalu saya baru saja melihat orang yang mengembalikan uang kembalian yang lebih sebesar Rp 50.000 kepada seorang pedagang jilbab di Islamic Book Fair.

      Saya juga melihat seorang pedagang yang berlari untuk mengejar pembelinya yang barang belanjaannya tertinggal di tokonya.

      Dan itu saya lihat di negeri yang namanya Indonesia.

      Alhamdulillah…

  3. 54
    shofiyah bilang:
    01/03/2009 08:40

    assalamu’alaykum
    Artikel yang bagus mbak salam kenal shofiyah ^_^

  4. 53
    adit-nya niez bilang:
    11/02/2009 10:56

    @Praz:
    Jujur emang musti dibiasain memang…

  5. 52
    Praz bilang:
    10/02/2009 12:10

    Wah, iya dit..menurut pngalamanku..jujur itu kebiasaan. Smakin sering jujur, kita akan terbiasa untuk slalu jujur kapanpun. Tapi, kalo kita tidak jujur / berbohong / berdusta sekali aja, nantinya kita akan jd bohong terus karena kita malah nyaman dg kbohongan2 itu. Sialnya, aku skrg masih sulit buat membiasakan diri bt jujur, ah..-_-“..pdhl, jujur lebih nyaman. Karena nantinya kita akan dipercaya dan punya harga dimata org lain.

  6. 51
    adit-nya niez bilang:
    04/02/2009 18:20

    @HeLL-dA:
    Kalo kata Rasulullah SAW, hati yang selalu was-was ketika akan mengerjakan suatu keburukan ialah salah satu tanda sempurnanya iman… :)

    @Rian Xavier:
    Maka itu balasannya nanti juga amat mahal dan tak ternilai…

  7. 50
    Rian Xavier bilang:
    04/02/2009 12:29

    Jaman sekarang ini, jujur itu mahal memang :(

  8. 49
    HeLL-dA bilang:
    02/02/2009 16:23

    Memang tidak jujur menyenangkan, tapi tetep saja ada sesuatu yg tdk enak di hati.
    Hidup selalu was-was..
    ;)

  9. 48
    niez-nya adit bilang:
    01/02/2009 14:45

    @sarah:
    betul banget !! :D

  10. 47
    sarah bilang:
    31/01/2009 20:38

    insya Allah, kejujuran selalu memberi sesuatu yg lebih baik di akhir….hehe..tul g? Semangat!

  11. 46
    agunk agriza bilang:
    31/01/2009 07:59

    @dEEt:
    tapi ngggak semua orang suka kita jujur ..
    “hare gene jujur” << wwkwkwkw .. kata2 orang pendusta banget nih. hhe

  12. 45
    adit-nya niez bilang:
    30/01/2009 19:03

    @mitra w:
    Huhu… Mereka berdua sepertinya jauh lebih baik, mbak…

    @r1d0aja:
    Katanya mau aja, asal bisa adil… :D

    @praz:
    Setuju! Maka itu aneh klo ada orang yg bilang jujur itu menyakitkan…

    @dEEt:
    Siip…

  13. 44
    dEEt bilang:
    30/01/2009 01:36

    dgn jujur, hidup Qta jauh lebih plong.. :)

  14. 43
    praz bilang:
    29/01/2009 12:22

    Menurut pengalaman saya sih, jujur itu bermanfanfaat bngt, selain meninggikan derajad kita di Mata Allah, kita juga ole Allah akan ditinggikan derajadna di kehidupan sehari-hari kita. Maksudna, dg jujur, kita akan dipercaya dan lebih dihormati orang lain..^.^

  15. 42
    r1d0aja bilang:
    27/01/2009 21:36

    [quote comment=”666″]wow…
    kalian kayak aa gym dan teh nini :D hehehe[/quote]
    emang teh niez mau di madu?? :whistling:

    iya, rido jujur kalo udah 3 kali buka halaman ini tapi lom comment.. :(
    eh, tingkatan jujur ada dimananya sabar dan iklas? :-/

  16. 41
    mitra w bilang:
    27/01/2009 19:59

    wow…
    kalian kayak aa gym dan teh nini :D hehehe

  1. Tidak ada trackback untuk tulisan ini.

Tinggalkan Komentar

 

 

 

 emoticon

:):(;):D;;)>:D<:-/:x:blushing::P:-*=((:-OX(:>B-):-S#:-S>:):((:)):|/:)=))O:-):-B=;I-)8-|L-):-&:-$[-(:O)8-}<:-P(:|=P~:-?#-o=D>:-SS@-):^o:-w:-<>:P<):):@)3:-O:(|)~:>@};-%%-**==(~~)~O)*-:)8-X=:)>-):-L$-):whistling:b-(:)>-[-X:dancing:>:/;))o->o=>o-+(%):-@^:)^:-j(*):)]:-c~X(:-h:-t8->:-??%-(:o3X_X:!!:rockon::-q:-bd^#(^:bz:ar![..]